Hanisatul Hamidah, Baiq (2022) Dampak customer relations management dalam meningkatkan kepuasan nasabah pada pembiayaan Musyarakah di Pt. Bank NTB Syariah KCP Pujut Lombok Tengah. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
BAIQ HANISATUL HAMIDAH 160205220_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Bank Syariah merupakan realisasi dari keinginan umat islam dan untuk menghindari sisitem ribawi yang ada dalam bank konvensional, riba yang di ambil dalam bentuk bunga bank. Di dalam terminology syariat islam menganggap riba sebagai salah satu kejahatan yang paling berbahaya dalam masyarakat dan agama. Karena dampak yang ditimbulkan oleh riba, maka hal itu tidak dapat ditolerir sedikitpun. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh customer relations management terhadap tingkat kepuasan nasabah pada pembiayaan musyarakah di PT Bank NTB Syariah KCP Pujut Lombok Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh customer relations management terhadap tingkat kepuasan nasabah pada pembiayaan musyarakah di PT Bank NTB Syariah KCP Pujut Lombok tengah. Adapun metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode observasi, wawancawa, dan dokumentasi. Dengan ketiga metode pengumpulandata tersebut dapat diperoleh data mengenai pengaruh customer relations manangement terhadap tingkat kepuasan nasabah pada pembiayaan di PT Bank NTB syariah kcp pujut Lombok tengah pola yang objektif dan mengedepankan terjaminnya para nasabah dapat dilayani dengan baik serta dengan pola analisa yang detail terhadap perkembangan dan kemampuan calon nasabah untuk mengembalikan dana untuk menghindari adanya kredit mancet, mutasi rekening aktif, pembayaran angsuran dan bagi hasil tepat waktu, yang terjadi pada pembiayaan musyarakah di bank NTB Syariah cabang pujut Lombok tengah dapat di katagorikan dalam dua katagori yaitu,a) jika dilihat dari jumlah kredit mancet, mutasi rekening aktif, pembayaran angsuran, dan bagi hasil tepat waktu. Yang terjadi pada pembiayaan musyarakah maka tingkat efektifitasnya sangat tinggi karena tingkat kemancetan dari total angsuran adalah sebesar 0,5%. Sedangkan jika dilihat dari jumlah nasabah yang melakukan akad pembiayaan musyarakah maka tingkat efektifitasnya masih digolongkan kurang. Hal ini disebabkan Karen jangkauan wilayah yang terbatas pada desa pujut Lombok tengah, sulitnya menemukan calon nasabah yang memiliki karakter jujur, memiliki integritas tinggi dan pekerja keras.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: customer Relations Management; kepuasan Nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 22 Feb 2023 13:13
Last Modified: 22 Feb 2023 13:13
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3724

Actions (login required)

View Item View Item