Pratiwi, Nadina Indarti (2022) Analisis aktivitas belajar siswa pada masa pendemi covid-19 di Mts Miftahul Islah Tahun 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nadina Indarti Pratiwi 180105113_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran siswa di MTs Miftahul Islah Pada Masa Pendemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan dan menggunakan teknik yaitu observasi, wawancara, studi dan dokumentasi, analisis data dan validitas data. Sedangkan dalam mendapatkan peneliti mewawancarai pihak-pihak terkait yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. sedangkan untuk analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis model miles dan humberman yang terdiri dari reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui MTs Miftahul Islah pada masa pendemi melakukan proses pembelajaran secara daring dengan menggunnakan media elektronik handphone. Dan memanfaatkan aplikasi whatsapp, google class room, dan via zoom sebagai alat pembelajaran daring. ada pun kendala yang dihadapi guru dan siswa di MTs Miftahul Islah kendala pada saat proses pembelajaran dimana siswa yang tidak memiliki handphone seperti anak-anak yang berada di pondok sehingga tida bisa melakukan pembelajaran daring dan tidak mengetahui informasi yang disampaikan guru. Proses pembelajaran daring membuat siswa tidak banyak berinteraksi dengan guru sehingga siswa tidak mengerti materi yang disampaikan oleh guru, malu untuk bertanya dan hanya mengandalkan jawaban dari google tanpa memperdulikan benar atau tidaknya jawaban yang dikumpulkan.Kendala pembelajaran yang sering di hadapi oleh guru dan siswa juga terdapat pada jaringan internet yang sering terjadi gangguan yang membuat proses pembelajaran terhambat sehingga siswa merasa bosan dan jenuh terhadap pemvelajaran daring yang membuat siswa tidak bersemangat dalam prses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar; masa pandemi; covid-19
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1102 Cardiorespiratory Medicine and Haematology > 110203 Respiratory Diseases
11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1103 Clinical Sciences > 110309 Infectious Diseases
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:48
Last Modified: 10 Nov 2022 07:48
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3177

Actions (login required)

View Item View Item