Musta’mam, Musta’mam (2022) Analisis kekuatan hidden curriculum dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren Nurul Haramain NW Putra Narmada. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Musta’mam 210401055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Pembentukan karakter dalam pendidikan di pesantren tidak dapat terlepas dari keterlibatan semua warga pesantren, baik itu pimpinan pondok, pengasuhan santri, guru, dan orang tua santri yang memiliki andil sangat besar dalam menentukan keberhasilannya. Selain itu, yang tak kalah pentingnya, terdapat beberapa unsur yang tersembunyi selain unsur kurikulum formal sekolah. The Hidden Curriculum adalah salah satu upaya yang sering terabaikan dalam pembentukan karakter. Seperti, pengelolaan kegiatan belajar mengajar, kegiatan-kegiatan kepondokan, penciptaan suasana belajar dan lingkungan pesantren berkarakter, pembiasaan, dan pembudayaan nilai dan etika yang baik dapat mendukung keberhasilan proses pembentukan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) bentuk hidden curriculum dalam mendidikan karakter yang menjadi acuan pelaksanaan pendidikan karakter di pondok pesantren Nurul Haramain NW Putra meliputi 3 hal, yaitu melalui program harian, program mingguan, dan program tahunan (2) Adapun nilai-nilai karakter yang ditanamkan melalui model pendidikan karakter ini antara lain: karakter religius, disiplin, jujur, mandiri, peduli sosial, peduli lingkungan, toleransi, dan tanggungjawab. Landasan nilai-nilai karakter tersebut bersumber dari falsafah dan nilai-nilai panca jiwa pondok, (3) strategi pelaksanaan hidden curriculum dalam pembentukan karakter ini adalah sebagai berikut, Merumuskan visi dan misi pesantren/madrasah, Mengadakan rapat dengan seluruh dewan guru dan karyawan pondok, Memberikan keteladanan dalam mendidik dan dimulai dari keteladanan guru, dan Kerjasama dalam setiap kegiatan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: hidden curriculum; Pendidikan karakter; santri; metode belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 07 Nov 2022 08:52
Last Modified: 07 Nov 2022 08:52
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3153

Actions (login required)

View Item View Item