Hatimah, Husnul (2022) Upaya meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan media papan penjumlahan pada materi penjumlahan kelas III MIS Rupe Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Husnul Hatimah_180106101_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi penjumlahan, hal ini dapat dilihat dari media pembelajaran yang digunakan oleh guru pada saat mengajar, media pembelajaran yang kurang bervariasi lebih sering dilakukan dengan hanya memanfaatkan papan tulis dan spidol, dimana guru menulis dipapan dan siswa menyebutkan atau membaca apa yang ditulis guru tidak ada media khusus untuk berhitung yang disediakan oleh guru atau sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa menggunakan media papan penjumlahan pada kelas III MIS Rupe. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan dan melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan tehnik pengumpulan data terdiri dari observasi, dokumentasi media yang digunakan adalah media papan penjumlahan. Hasil penelitian menunjukan Penggunaan media papan penjumlahan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari observasi aktivitas guru pada siklus I observasi aktivitas guru siklus I mendapatkan nilai rata-rata yaitu 66,99% dengan kategori rendah. Sedangkan pada siklus II hasil observasi aktivitas guru mendapatkan nilai rata-rata 86,66% dengan kategori tinggi. Terjadi peningkatan siklus I ke siklus II 16,67%, sedangkan observasi aktivitas siswa pada siklus I dan II juga mengalami peningkatan dari hasil siklus I memperoleh nilai rata-rata 61,66% dengan kategori kurang, sedangkan hasil dari siklus II memperoleh nilai rata-rata dengan jumlah 83.33% dengan kategori tinggi. Terjadi peningkatan siklus I ke siklus II 21,67%, dilihat dari data angket yang diperoleh siwa, minat belajar siswa menggunakan media papan penjumlahan minat belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, pada siklus I nilai rata-rata 76,52% kategori cukup, siklus II dengan nilai ratarata 87, 99%, dengan kategori tinggi, terjadi peningkatan siklus I ke siklus II 11,47%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: minat belajar; media papan penjumlahan; pembelajaran matematika; sekolah dasar; materi penjumlahan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 02 Nov 2022 07:00
Last Modified: 02 Nov 2022 07:00
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3114

Actions (login required)

View Item View Item