Gunawan, Arip (2021) Pengaruh model pembelajaran contexstual teaching and learning (CTL) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih Kelas V MI Nurul Iman Dusun Ujan Rintis Desa Mertak Tombok Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Arip Gunawan 170106061-.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh setiap sekolah tentunya memiliki perbedaan baik dari segi fasilitas, kualitas tenaga pendidik, sarana prasarana sekolah dan latar belakang model pembelajaran kontekstual teaching and learing. Salah satu aspek yang terlihat menonjol adalah latar belakang model pembelajaran kontekstual teaching and learing, baik dari segi pendidikan maupun ekonomi akan berdampak sangat besar pada perkembangan anak khususnya prestasi belajar anak di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran kontekstual teaching and learning terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran Fiqih kelas V di MI Nurul Iman Ujan Rintis2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, adapun pendekatan yang digunakan adalah ex post facto.Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas V di Mi Nurul Iman Ujan Rintis sebanyak 35 orang.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket (kuesioner) dan wawancara.Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan uji linieritas, sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan Microsoft excel2010. Berdasar kanhasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat model pembelajaran kontekstual teaching and learning dengan prestasi belajar siswa kelas V di MI Nurul Iman Dusun Ujan Rintis Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal ini tunjukkan dari hasil uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan microsoft excel 2010 pada taraf signifikansi α=0,05, dimana nilai F hitung=3.769 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,066>0,05, yang menunjukkan bahwa data tidak berkorelasi sehingga Ha ditolak dan Ho diterima.
Actions (login required)
![]() |
View Item |