Gunawan, Arip (2021) Pengaruh model pembelajaran contexstual teaching and learning (CTL) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih Kelas V MI Nurul Iman Dusun Ujan Rintis Desa Mertak Tombok Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Arip Gunawan 170106061-.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh setiap sekolah tentunya memiliki perbedaan baik dari segi fasilitas, kualitas tenaga pendidik, sarana prasarana sekolah dan latar belakang model pembelajaran kontekstual teaching and learing. Salah satu aspek yang terlihat menonjol adalah latar belakang model pembelajaran kontekstual teaching and learing, baik dari segi pendidikan maupun ekonomi akan berdampak sangat besar pada perkembangan anak khususnya prestasi belajar anak di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran kontekstual teaching and learning terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran Fiqih kelas V di MI Nurul Iman Ujan Rintis2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, adapun pendekatan yang digunakan adalah ex post facto.Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas V di Mi Nurul Iman Ujan Rintis sebanyak 35 orang.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket (kuesioner) dan wawancara.Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat dilakukan dengan menggunakan uji normalitas dan uji linieritas, sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan Microsoft excel2010. Berdasar kanhasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat model pembelajaran kontekstual teaching and learning dengan prestasi belajar siswa kelas V di MI Nurul Iman Dusun Ujan Rintis Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal ini tunjukkan dari hasil uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan microsoft excel 2010 pada taraf signifikansi α=0,05, dimana nilai F hitung=3.769 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,066>0,05, yang menunjukkan bahwa data tidak berkorelasi sehingga Ha ditolak dan Ho diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; ctl; hasil belajar; prestasi belajar; fiqih
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 02 Nov 2022 03:10
Last Modified: 02 Nov 2022 03:10
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3112

Actions (login required)

View Item View Item