Arifiandy, Alvi (2022) Penerapan metode langsung dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas VIII Mts Al Mahmud Aik Ampat Tahun Ajaran 2021-2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Alvi Arifiandy 160102060_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Skripsi dengan judul Metode Langsung Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Mahmud Aik Ampat Tahun Ajaran 2021-2022. ini ditulis oleh Alvie Arifiandi, NIM 160102060, penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan peneliti untuk mengetahui cara guru dalam menerapkan metode langsung dalam pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Mahmud, karena peneliti melihat bahwa dari hasil penerapan metode langsung yang diterapkan oleh guru di pondok pesantren tersebut santri yang masih duduk di kelas VIII sudah mampu untuk berbicara dengan temannya menggunakan bahasa arab. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: ( 1 ) penerapan metode langsung dalam pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Mahmud ( 2 ) kelebihan dan kekurangan penerapan metode langsung dalam pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Mahmud. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan metode penelitian kualitatif naturalistik. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah penyajian data dan menarik kesimpulan atauverifikasi. Untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan tringulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru ketika mengajar Bahasa Arab menggunakan bahasa Arab secara langsung dan tidak menggunakan bahasa Indonesian,begitupula santri tidak diperbolehkan menggunakan bahasa Indonesia ketika belajar Bahasa Arab, apabila santri tidak mengetahui arti mufrodat yang diberikan, maka guru menggunakan beberapa teknik dalam menjelaskan arti kata diantaranya: (1) guru menunjukkan arti kata dalam wujud gambar atau benda konkrit, (2) guru memperagakan arti kata, (3) guru memperagakan peran, misalkan (sakit perut). (4) guru menyebutkan lawan kata atau persamaan kata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: penerapan metode; bahasa arab; pembelajaran bahasa arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021406 al-Lughah al-'Arabiyyah li Aghradh al-Khash (Arabic for Specific Purposes)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 01 Nov 2022 05:55
Last Modified: 01 Nov 2022 05:55
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3100

Actions (login required)

View Item View Item