Saharudin, Saharudin (2022) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di Rumah Tahfidz Al-Qur’an Al-Kamal Desa Murbaya, Kecamatan Pringgarata, Lombok Tengah. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Saharudin. 160101151_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Menghafal al-Qur’an bukanlah sesuatu yang mudah tetapi bukan pula sesuatu hal yang tidak mungkin, sebab pada zaman nabi telah banyak orang yang telahmenghafal al-Qur’an. Di sekolah formal atau swasta, mengenalkan al-Qur’an kepada siswa, mengajarkan membaca, dan menghafal merupakan tanggung jawab guru. Oleh karena itu, untuk dapat memenuhi tugasnya sebagai seorang guru dalam memberikan bimbingan, maka guru tentunya harus melakukan berbagai upaya atau usaha sebab keberhasilan seorang siswa dalam menghafal tergantung dari usaha-usaha yang dilakukan guru. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui upaya guru serta hambatanhambatan yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan kemampuan siswa menghafal al-Qur’an di Rumah Tahfidz al-Qur’an al-Kamal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Rumah Tahfidz alQur’an al-Kamal. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data disajikan dalam bentuk yang sesuai sehingga mudah dibaca dan dipahami, kemudian data dianalisis dan diambil kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa Upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan siswa menghafal al-Qur’an di Rumah Tahfidz al-Qur’an alKamal yaitu: 1) Memberikan motivasi kepada para siswa, seperti memberikan pujian yang dilakukan guru ketika siswa menghafal al-Qur’an dengan baik. 2) Memberi tugas dan hukuman kepada para siswa, upaya ini dilakukan dengan cara guru memberikan tugas hafalan untuk dihafalkan, sedangkan hukuman diberikan ketika tugas tidak dilaksanakan oleh siswa. 3) Membimbing siswa untuk tetap muraja’ah. Adapun hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan kemampuan siswa menghafal al-Qur’an yaitu: 1) Adanya siswa yang belum mampu membaca al-Qur’an dengan baik, 2) Kesehatan guru yang dapat menganggu kosentrasi dalam mengajar, 3) Adanya rasa malas dari diri siswa ketika menghafal al-Qur’an , dan 4) Adanaya kecerdasan yang berbeda dari para siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: upaya guru; kemampuan siswa; menghafal al quran; rumah tahfidz; al kamal
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220406 Studies in Eastern Religious Traditions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 28 Oct 2022 01:40
Last Modified: 28 Oct 2022 01:40
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3080

Actions (login required)

View Item View Item