Hariana, Hariana (2022) Penerapan media audio visual pada pembelajaran Fiqih kelas 7.1 di MtsN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Hariana 180101146_.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media audio visual dalam pembelajaran fiqih kelas 7.1 di MTsN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022, dan mendeskripsikan apa faktor pendukung dan penghambat penerapan media audio visual pada pembelajaran fiqih kelas 7.1 di MTsN 1 Mataram. Untuk mencapai tujuan diatas, dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian ini didapatkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan verifycation (menarik kesimpulan). Untuk teknik keabsahan data yang digunakan yakni perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan meggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Media Audio visual sudah diterapkan pada beberapa materi pelajaran fiiqih. Adapun materi yang menggunakan media audio visual adalah materi-mteri yang membutuhkan praktek langsung seperti materi shalat dan wudhu. 2) Faktor pendukung penerapan media audio visual dalam pembelajaran fiqih antara lain adanya fasilitas/sarana pembelajaran,penguasaan guru dalam menggunakan media dan dukungan dari pimpinan. Dan untuk faktor penghambatnya terletak pada gangguan teknisi dan tidak semua materi pelajaran fiqih dapat menggunakan media audio visual.
Actions (login required)
![]() |
View Item |