Hariana, Hariana (2022) Penerapan media audio visual pada pembelajaran Fiqih kelas 7.1 di MtsN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Hariana 180101146_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media audio visual dalam pembelajaran fiqih kelas 7.1 di MTsN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022, dan mendeskripsikan apa faktor pendukung dan penghambat penerapan media audio visual pada pembelajaran fiqih kelas 7.1 di MTsN 1 Mataram. Untuk mencapai tujuan diatas, dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian ini didapatkan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan verifycation (menarik kesimpulan). Untuk teknik keabsahan data yang digunakan yakni perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan meggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Media Audio visual sudah diterapkan pada beberapa materi pelajaran fiiqih. Adapun materi yang menggunakan media audio visual adalah materi-mteri yang membutuhkan praktek langsung seperti materi shalat dan wudhu. 2) Faktor pendukung penerapan media audio visual dalam pembelajaran fiqih antara lain adanya fasilitas/sarana pembelajaran,penguasaan guru dalam menggunakan media dan dukungan dari pimpinan. Dan untuk faktor penghambatnya terletak pada gangguan teknisi dan tidak semua materi pelajaran fiqih dapat menggunakan media audio visual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media audio visual; media pembelajaran; pelajaran fiqih
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 26 Oct 2022 05:47
Last Modified: 26 Oct 2022 05:47
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3073

Actions (login required)

View Item View Item