Sabri, Muhammad (2022) Pengaruh penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran terhadap kemandirian belajar siswa pada masa pandemi covid-19. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Muhammad Sabri 180103096_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran terhadap kemandirian belajar siswa pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif dengana jenis penelitian non-eksperimental, peneliti tidak melakukan manipulasi terhadap variabel independen, perlakuan dalam penelitian ini terjadi secara alami dan meneliti bagaimana variabel itu terkait. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas siswa kelas X SMAN 10 MATARAM berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X SMA ABHARIYAH LABUAPI berjumlah 20 siswa sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner berupa angket dengan skala likert yang terdiri dari 28 item pertanyaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t sampel independen. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran terhadap kemandirian belajar siswa pada masa pandemi covid-19. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data menggunakan uji t sampel independen terhadap data kemandirian belajar siswa diperoleh t hitung sebesar 3,484 dan t tabel sebesar 2,011 yang artinya t hitung > t tabel. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: google classroom; media pembelajaran; kemandirian belajar; pandemi civid 19
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 25 Oct 2022 05:13
Last Modified: 25 Oct 2022 05:13
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3065

Actions (login required)

View Item View Item