Suhada, Suhada (2022) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas VII Mts Nurul Islam Sekarbela Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Suhada 180104005_.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Pembelajaran merupakan suatu peningkatan kemampuan siswa secara lebih baik yang harus dilakukan dalam keadaan tersusun rapi (terstruktur). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas VII MTs Nurul Islam Sekarbela, Mataram pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah menggunakan kuasi eksperimen dengan desain Non equivalent control group design. Populasi penelitian ini siswa kelas VII A-D MTs Nurul Islam Sekarbela berjumlah 129 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 64 orang siswa kelas VII A dan B yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Instrument yang digunakan adalah tes subyektif yang terdiri dari 14 soal untuk mengukur hasil belajar dan 11 soal untuk mengukur keterampilan proses sains (KPS), intrumen tes sudah dilakukan uji validitas. Data dalam penelitian dianalisis menggunakan dua jenis, analisis deskrptif dan diverensial. Analisis hipotesis diukur menggunakan analisis covariant (Uji T) dengan bantuan SPSS, sebelumnya dilakukan uji prasarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa dengan nilai signifikansi 0,113 > 0,05 dan model pembelajaran inkuri terbimbing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,752 > 0,05. Model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | inkuiri terbimbing; keterampilan proses sains (kps); hasil belajar; model pembelajaran |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | H Nabil udin |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 05:35 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 05:35 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3048 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |