Haryanto, Jodi (2022) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MAN 2 Bima. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Jodi Haryanto 180108028_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan strategi ini akan memberikan peluang kepada siswa untuk banyak terlibat dalan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan metode praktikum dimana setiap percobaannya terdiri dari tahap perlakuan antara satu variabel dengan variabel lainnya mengungkap hubungan antara dua variabel atau lebih. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu pretest-postest. Pesain penelitian ini diambil dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Pada penelitian ini yang akan dijadikan populasi adalah kelas X MIPA yang terdapat empat kelas siswa MAN 2 Bima yang dimana jumlah siswa dalam satu kelas terdapat 25 pelajar dengan jumlah keseluruhan 100 pelajar. Akibat konvensional ketergantungan durasi dan kemampuan bahwa pengkaji akan memerlukan contoh dimana contoh yang akan di teliti tersebut hanya dua kelas yaitu kelas X1 dan kelas X2 dengan jumlah masing-masing siswa terdiri dari 25 siswa.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiridalam pembelajaran dapat meningkatkan belajar siswa dengan percobaan aktivitas guru yang dapat dilakukan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; inkuiri; terbimbing; hasil belajar; fisika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Fisika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 19 Oct 2022 03:36
Last Modified: 19 Oct 2022 03:36
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3033

Actions (login required)

View Item View Item