Sabirin, Maas (2022) Strategi pemasaran produk tabungan haji Bank Mega Syariah di wilayah kerja kantor kementerian agama kabupaten Lombok Timur. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Maas Sabirin 190404042 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi dan kendala pemasaran produk tabungan hajiBank Mega Syariah di Wilayah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Timur. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam proses pengumpulan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pemasaran produk tabungan haji oleh Bank Mega Syariah KCP Lombok Timur dilakukan melalui 4 (empat) strategi, yaitu: 1) strategi produk, terdiri dari pemberian keamanan, transaksi di seluruh jaringan bank, bagi hasil kompetitif, potongan zakat otomatis, terhubung langsung dengan Kementerian Agama, dan gratis biaya administrasi, 2) strategi harga, dengan membuat standar harga mulai dari harga yang terkecil, yaitu Rp 200.000,- (dengan metode dicicil) hingga Rp 25.000.000 (langsung mendapat porsi), 3) strategi distribusi, dilakukan dengan mengajak orang-orang muslim, yang dilakukan dengan penyampaian produk pada beberapa tempat strategis, dan 4) strategi promosi, yang dilakukan melalui penawaran secara langsung, membuat brosur dan spanduk, mengajak orang-orang muslim, dan membuka stan setiap minggu. Sementara kendala dalam pemasaran produk tabungan haji Bank Mega Syariah KCP Lombok Timur, terbagi menjadi dua, yaitu kendala internal dan eksternal. Kendala internal, terdiri dari: permasalahan SDI, teknikal, permasalahan legal/struktural, dan kendala pasar/komunal. Sedangkan kendala eksternal, yaitu adanya pandemi Covid-19 yang menyebabkan terbatasnya ruang gerak pemasaran, juga terjadinya pembatalan pemberangkatan jamaah haji yang kemudian menyebabkan keengganan masyarakat untuk menggunakan produk tabungan haji.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pemasaran; produk; tabungan haji
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 04 Oct 2022 01:34
Last Modified: 04 Oct 2022 01:34
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2919

Actions (login required)

View Item View Item