Harianah, Harianah (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia kelaas V pada MI JMI Pancor tahun pembelajaran 2014-2015. Undergraduate thesis, IAIN Mataram.

[img] Text
Harianah 15113110126.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)
[img] Text (Bukti fisik bimbingan utama)
REKAPAN BIMBINGAN SKRIPSI FIX (1).pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (145kB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kefektifan penerapan metode pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V Pada MI JMI Pancor Tahun Pembelajaran 2014-2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan guru atau peneliti didalam kelas, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja guru sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat, sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif, Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mendapatkan data berupa nilai atau angka dan pendekatan kualitatif digunakan untuk memperoleh data berupa situasi belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil analisis ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I adalah 70%, sedangkan ketuntasan belajar pada siklus II adalah 87%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan prestasi dan aktivitas belajar siswa sehingga usaha untuk mengatasi dengan metode pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dapat dicapai pada siklus II. Hal ini sesuai dengan batas ketuntasan secara klasikal yang ditentukan yaitu minimal 85% dan penelitian dapat dihentikan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan metode pembelajaran pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dapat Meningkatkan Prestasi Bahasa Indonesia siswa kelas V Pada MI JMI Pancor Tahun Pembelajaran 2014-2015 13:20 Reply Edit Copy Selected Text Pin Forward Select Nobody Viewed Delete

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran; hasil belajar; linguistik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rifqy Rosi Mulyadi
Date Deposited: 07 Jun 2022 05:31
Last Modified: 22 Sep 2022 03:06
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2539

Actions (login required)

View Item View Item