Hafizuddin, Hafizuddin (2017) Perbandingan hasil belajar menggunakan media powerpoint dengan metode information search pada mata pelajaran fiqih pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Punia Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Hafizuddin 151139231.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] Text (Bukti fisik bimbingan utama)
REKAPAN BIMBINGAN SKRIPSI FIX (1).pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (145kB)

Abstract

INDONESIA Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Punia Mataram khususnya kelas IV tempat peneliti melakukan penelitian pada saat PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) menemukan guru yang mengajar siswa dengan menggunakan media dalam proses pembelajaran, namun masih terbatas dalam media powerpoint, tetapi media powerpoint yang digunakan guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Punia Mataram masih kurang menarik dan membuat siswa cepat merasa bosan karena terkesan monoton dan guru hanya menampilkan materi ajar tanpa ada tampilan yang menarik dan bervariasi sehingga proses pembelajaran kurang efektif Sesuai dengan masalah yang diteliti dan dengan memperhatikan tujuan dan mamfaat yang ingin dicapai dari penelitian, maka penelitian ini mengguanakan metode penelitian kuantitatif eksperimen jenis quasi eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV MIN Punia Mataram dengan jumlah sampel 49 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 10 butir soal, untuk teknik pengumpulan data digunakan metode tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah uji t Dari hasil analisis yang telah dilakukan, dimana data instrumen tes dinyatakan valid karna diambil dari buku paket, untuk data hasil kemampuan menyelasaikan tes berdistribusi normal, berdasarkan perhitungan uji hipotesis atau uji t pada taraf signifikan 5%, menghasilkan nilaithitung 3,6754 > ttabel 1,684 sehingga h0 di tolak ha diterima. Berdasarkan hasil analisis di atas dapat di simpulkan bahwa “ada perbandingan signifikan antara media powerpoint dengan metode information search pada siswa kelas IV pada mata pelajaran fiqih Madrasah Ibtidaiyah Negeri Punia Mataram tahun pelajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; media pembelajaran; metode belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rifqy Rosi Mulyadi
Date Deposited: 06 Jun 2022 03:50
Last Modified: 22 Sep 2022 03:15
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2497

Actions (login required)

View Item View Item