Pujiastuti, Baiq Irma (2019) Analisis kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan nasabah tabungan wadiah beramal dengan metode importance performance analysis dan customer satisfaction index di PT. BPRS PNM Patuh Beramal Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Baiq Irma Pujiastuti 1502151869.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kualitas pelayanan bank terhadap tingkat kepuasan nasabah. Penelitian ini didasari akan kemajuan teknologi di zaman yang semakin berkembang seperti saat ini, banyak nasabah yang menginginkan pelayanan yang bersifat modern dan instan sehingga dari hasil penelitian inilah dapat diketahui tingkat kepuasan nasabah akan kualitas pelayanan bank yang terdapat pada BPRS PNM Patuh Beramal. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan 45 kuisioner dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan nasabah berdasarkan kualitas pelayanan dari semua atribut berdasarkan metode Importance Performance Analysis (IPA) dengan melihat tingkat kesesuaian antara tingkat kepentingan dengan tingkat kepuasan yang kemudian dilakukan plotting dengan menggunakan diagram kartesius. Selanjutnya untuk mengetahui tingkat kepuasan nasabah dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Dari hasil analisis menggunakan metode IPA terdapat 1 atribut yang terdapat dalam prioritas utama yang memerlukan perbaikan. Kemudian hasil analisis dengan metode CSI, BPRS PNM Patuh Beramal mendapatkan skor kepuasan sebesar 88% yang artinya nasabah merasa “sangat puas”. Jadi bisa dikatakan bahwa kinerja pelayanan dari BPRS PNM Patuh Beramal sudah bagus, tetapi harus tetap ditingkatkan khususnya pada atribut yang nilai pelayanannya masih kurang memuaskan bagi nasabah agar dapat meningkatkan kepuasan nasabah tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: wadiah; nasabah; tabungan; metode importance performance analysis
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 02 Jun 2022 07:08
Last Modified: 02 Jun 2022 07:08
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2459

Actions (login required)

View Item View Item