Saofiandi, Ari (2016) Pengaruh penggunaan media mind map terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok pencemaran lingkungan kelas VII di SMP Islam Abhariyah Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ari Saofiandi 151125069.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan Kelas VII di SMP Islam Abhariyah Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimen. Data diperoleh dengan tes. Sebelum tes digunakan untuk mengambil data, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan uji daya beda. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Setelah itu dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t dua sampel dengan taraf signifikansi 5% dengan ttabel 2,008. Diperoleh nilai thitung hasil belajar adalah 2,977 hal ini berarti thitung>ttabel sehingga Ho ditolak. Hal ini menemukan bahwa terdapat pengaruh positif media pembelajaran Mind Map terhadap hasil belajar yang dapat dilihat dari terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas eksperimen dengan kelas Kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media; mind map; hasil belajar; pencemaran lingkungan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ika Merdeka Wati
Date Deposited: 26 Apr 2021 05:49
Last Modified: 26 Apr 2021 05:49
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/208

Actions (login required)

View Item View Item