Bakti, M. Faisal (2020) Pengaruh model CIRC (cooperative integrated reading and composation) terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas V di MIN 2 Kota Mataram Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Text
M. Faisal Bakti 160106020.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA Berdasarkan data hasil observasi kelas V di MIN 2 Kota Mataram tahun pelajaran 2019/2020, diketahui bahwa guru kurang menggunakan model pembelajaran konfesional. Rumusan masalah: Apakah model CIRC (cooperative integrated reading and composition) berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas V di MIN 2 Kota Mataram???. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model CIRC (cooperative integrated reading and composition) terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas V di MIN 2 Kota Mataram tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan eksperimen. Polpulasi yang digunakan dalam penelitian ini sejumlah 70 siswa. Sampel yang digunakan adalah kelas VA terdiri dari 35 siswa (eksperimen) dan kelas VB yang terdiri dari 35 siswa (kontrol). Variabel terikat yaitu minat belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI. Variabel bebasnya adalah model CIRC (cooperative integrated reading and composition). Data minat belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI dianalisis dengan uji normalitas, linearitas dan uji hipotesis. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengaruh model CIRC (cooperative integrated reading and composition) (X) berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI (Y). peneliti ini menunjukkan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 74,8, sedangkan rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 54,28. Hasil penelitian menunjukkan signifikansi (0,000<0,05) dan thitung yaitu 8,62 lebih besar dibandingkan ttabel 4,15. Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat dijelaskan bahwa variabel X berpengaruh model CIRC (cooperative integrated reading and composition) terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas V di MIN 2 Kota Mataram tahun pelajaran 2019/2020
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode belajar; cooperative integrated reading; composation |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 04:51 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 04:51 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1813 |
Actions (login required)
View Item |