Susanti, Eva (2016) Perbandingan hasil belajar Biologi dengan menggunakan metode Discovery dan Think Pair share pada siswa kelas VII di MTS Al Madani Jempong Mataram tahun pelajaran 2014/2015. Masters thesis, IAIN Mataram.

[img] Text
Eva Susanti 151105060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (880kB)

Abstract

INDONESIA Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui perbandingan hasil belajar Biologi dengan menggunakan metode discovery dan think pair share pada siswa kelas VII di MTs Al-Madani tahun pelajaran 2014/2015. Metode discovery merupakan salah satu metode yang bertumpu pada adanya penyelesaian masalah dalam belajar dengan mengedepankan garis instruksi secara jelas. Metode ini memiliki karakteristik yang cendrung mengarahkan siswa agar mampu menyelesaikan masalah dengan pola yang kaku. Sedangkan Metode Think Pair Share atau berfikir, berpasangan, berbagi merupakan jenis tipe pendekatan struktural dan model pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola intraksi siswa pendekatan struktural. Berdasarkan hasil analisis data dan perhitungan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai rata rata prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode discovery lebih rendah dari siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode Think Pair Share. Hasil tes yang menggunakan 10 item soal dalam Esay untuk mendapatkan gambaran kemampuan penguasaan materi yang telah di eksperimenkan menunjukkan bahwa peserta didik yang diajarkan menggunakan metode discovery memiliki nilai rata-rata sebesar 70,33 sedangkan yang diajarkan dengan menggunakan metode Think Pair Share memiliki nilai rata-rata sebesar 71,60. Pada siswa kelas VII di MTs Al-Madani

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: think pair share; metode discovery; metode pembelajaran; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Depositing User: Ika Merdeka Wati
Date Deposited: 19 Apr 2021 23:51
Last Modified: 19 Apr 2021 23:51
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/160

Actions (login required)

View Item View Item