Suhartina, Siti (2019) Strategi promosi pegadaian pada produk Arrum Haji guna menarik minat nasabah studi kasus di Pegadaian UPC Rumak, Lombok Barat. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Siti Suhartinah 1502131466_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Promosi merupakan salah satu bauran pemasaran yang wajib diterapkan pada kegiatan marketing mix terutama yang bersangkutan dengan tujuan memperkenalkan produk baru atau lama yang dihasilkan oleh suatu perusahaan kepada masyarakat atau konsumen. Karena tujuan perusahaan untuk menciptakan suatu produk adalah agar produk tersebut diminati bahkan laku dikalangan konsumennya. Tanpa promosi, masyarakat tidak akan mengenal barang yang dihasilkan oleh suatu perusahaan bahkan tidak akan diminati dan hal tersebut akan membuat perusahaan gagal untuk mendapatkan keuntungannya. Oleh karena itu promosi sangatlah penting karena dengan promosi masyarakat akan mengenal produk yang dihasilkan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan pegadaian UPC Rumak dalam menarik minat nasabah pada produk baru mereka yakni produk arrum haji dan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam proses promosi untuk mendapatkan nasabah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Tehnik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif data kuantitatif. Adapun sumber datanya yakni data primerdan data sekunder yang dikumpulkan peneliti dari hasil penelitian dan dari hasil lainnya. Tehnik analisis data yang digunakan triangulasi , penilaian teman sejawat dan kecukupan bahan refrensi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh pegadaian UPC Rumak untuk mempromosikan produk arrum haji terbilang cukup berhasil, karena produk ini baru diterbitkan pada tahun 2019 dan terhitung telah mendaptkan 10 nasabah pada produk ini. Hal ini menggambarkan dari segi promosi yang dilakukan cukuf efektif untuk menarik minat nasabah. Adapun kendala yang dihadapi berkisar pada keuangan nasabah karena produk ini merupakan produk yang memiliki harga tinggi dan dihususkan bagi nasabah yang mempunyai keuangan secara finansial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: promosi; pegadaian; nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 19 Nov 2021 03:08
Last Modified: 19 Nov 2021 03:08
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1591

Actions (login required)

View Item View Item