Hulaivi, Danilul (2022) Penggunaan teknik informasi gap dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa Kelas 2 MA Tahzibul Akhlaq Sisik Pringgarata. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
2022-TBI-Danilul Hulaivi 180107016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (40MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik information gap dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 2 MA Tahzibul Akhlaq Sisik Pringgarata atau tidak. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memanfaatkan tiga jenis instrumen dalam mengumpulkan data, yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Peneliti melakukan dua siklus dalam penelitian ini. Di setiap siklus peneliti mengumpulkan data observasi dan tes yang dilakukan lalu dianalisis dengan beberapa formula untuk mendapatkan nilai persentase kegiatan siswa dan persentase siswa yang mendapat nilai diatas 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama peneliti mendapati nilai kegiatan siswa masih dibawah kategori yang ditetapkan, yaitu 54,5%. Begitu pula dengan nilai siswa dalam tes pertama dan test kedua pada siklus pertama tidak mencapai kategori yang sudah ditetapkan, yaitu tes pertama menunjukkan 40% siswa yang mendapatkan nilai diatas 75 sedangkan test kedua menunjukkan 53,3% siswa yang mendapatkan nilai diatas 75. Bagaimanapun, siswa berhasil mencapai nilai yang telah ditetapkan pada siklus kedua. Hasil pada siklus kedua menunjukkan nilai kegiatan siswa mencapai 79,5% sedangkan nilai persentase siswa yang mendapat nilai diatas 75 pada tes yang dilakukan di siklus kedua adalah 86.6%. Kesimpulannya, teknik information gap dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa terutama dalam hal menggambarkan sesuatu. Selain itu, teknik ini juga menciptakan pembelajaran yang aktif. Dalam teknik ini siswa menjadi lebih aktif karena mereka harus berkomunikasi dengan teman-temannya untuk mendapatkan informasi untuk menyelesaikan masalah atau menyelesaikan tugas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Kemampuan berbicara (Speaking Skill), Teknik Information Gap.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 09 Sep 2024 06:53
Last Modified: 09 Sep 2024 06:53
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/6296

Actions (login required)

View Item View Item