Asyari, Zulfan Al (2022) Strategi pengembangan objek wisata buatan sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat: studi kasus Denda Seruni Mumbul Kecamatan Pringgabaya Kabupten Lombok Timur NTB. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Zulfan Al Asyari 180503053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA Strategi pengembangan objek wisata buatan sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Seruni Mumbul . Di mana tujuan awal dibangunnya wisata Denda Seruni ini untuk mengatasi masalah Desa yang sedang dihadapi yakni pengangguran dan sampah. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pengembangan wisata Denda Seruni dan untuk mengidentifikasi apa saja kendala yang dihadapi dalam pengembangan wisata serta dampak yang ditimbulkan dari pengembangan wisata Denda Seruni ini terhadap masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan yakni melakukan pembangunan dengan mengikut sertakan masyarkat, memanfaatkan cerita legenda Denda Seruni untuk menarik wisatawan, berkerja sama dengan pihak luar dalam pengembangan, melakukan promosi melalui media sosial, memberikan pelayanan yang maksimal kepada wisatawan, terus melakukan perubahan pada wisata Denda Seruni, menawarkan wahana air. Adapun dampak dari pengembangan wisata Denda Seruni yakni dampak positif, membuka lapangan pekerjaan khususnya bagi para pemuda, menumbuhkan kereatifitas pemuda, menambah Anggaran Pendapatan Desa Seruni Mumbul dan menghilangkan stigma negatif yang mengatakan Mumbul tempat untuk minum-minuman keras dan hal-hal mistik. Sedangkan dampak negatifnya yakni ketidak nyamanan yang dikarenakan kebisingan ketika kendaraan sepeda motor atau mobil keluar masuk wisata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan wisata; dampak pariwisata; strategi pemasaran
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150601 Impacts of Tourism
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150603 Tourism Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150604 Tourism Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Pariwisata Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 27 Aug 2024 03:58
Last Modified: 27 Aug 2024 03:58
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/6213

Actions (login required)

View Item View Item