Ariani, Sukma (2022) Analisis strategi marketing produk simpanan Iqtishady dalam meningkatkan keunggulan bersaing di BMT Al-Iqtishady Pagesangan Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Sukma Ariani 160205007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti terhadap banyaknya lembaga keuangan dan ketatnya persaingan antar lembaga keuangan syariah saat ini, menjadikan posisi BMT Al-Iqtshady sebagai salah satu lembaga keuangan syariah yang mampu bersaing untuk mempertahankan eksistensinya di masyarakat, yaitu dengan menerapkan strategi marketing yang baik dan tepat untuk memasarkan produk yang dimilikinya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui bagaimana strategi marketing produk simpanan Iqtishady dalam meningkatkan keunggulan bersaing di BMT Al-iqtishady Pagesangan Mataram dan apa saja kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk simpanan Itishady di BMT Al-Iqtishady Pagesangan Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dengan Manajer, karyawan dan anggota BMT Al-Iqtishady Pagesangan Mataram. Dokumentasi melalui literatur-literatur kepustakaan, buku-buku dan sumber lainnya yang relevan dengan penelitan ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi marketing produk simpanan Iqtishady dalam meningkatkan keunggulan bersaing di BMT Al-Iqtishady menggunakan strategi produk, strategi harga, strategi tempat/distribusi, strategi promosi, strategi orang, strategi proses dan Fisical evidence. Adapun kendala yang dihadapi baik internal maupun ekternal adalah kemungkinan terjadi kurangnya tingkat liquiditas dari lembaga karena adanya pandemi yang membuat banyak anggota ingin mengambil tabungannya, kurangnya pemahaman masyarakat tentang kinerja BMT dan adanya pandemic Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: marketing; keunggulan bersaing; produk
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:20
Last Modified: 30 Jul 2024 01:21
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/6107

Actions (login required)

View Item View Item