Hafsani, Almanda Ardiya (2023) Terapi Self Management dalam mengurangi gangguan pola tidur mahasiswa ( Studi Kasus Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam UIN Mataram). Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Text
Almanda Ardiya hafsani 190303051 .pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Fenomena gangguan pola tidur disebabkan oleh seseorang tidak memperoleh kepuasan dalam tidurnya sehingga berpengaruh terhadap kesehatan dan aktivitas sehari-hari. Kualitas tidur yang seharusnya memberikan kepuasan seseorang terhadap tidur, sehingga seseorang tersebut tidak memperlihatkan perasaan lelah, mudah terangsang gelisah, sakit kepala dll. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai faktor-faktor penyebab gangguan pola tidur mahasiswa bimbingan dan konseling islam (BKI) UIN Mataram, serta bagaimana terapi self management dalam mengurangi gangguan pola tidur mahasiswa BKI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini 3 (tiga) orang Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam (BKI) UIN Mataram. Analisis data menggunakan reduksi data, validasi data menggunakan triangulasi data. Serta dengan cara mengumpulkan data, observasi dan wawancara. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi gangguan pola tidur Mahasiswa dipengaruhi oleh banyaknya tugas kuliah,. Dengan menggunakan terapi self management, serta melalui beberapa proses tahapan, yaitu tahapan awal, tahapan aksi atau pertengaahan, dan tahap akhir, sehingga hasil terapi menunjukkan dampak yang ditunjukkan yaitu mahasiswa mampu untuk mengelola waktu, memberikan penguatan atau motivasi kepada diri sendiri, serta mampu melaksanakan strategi yang telah diberikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mahasiswa BKI; gangguan pola tidur; terapi self managament |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | nur noer nur |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 06:00 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 06:00 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5986 |
Actions (login required)
View Item |