Rahma Adira, Intan (2024) Pengaruh metode story telling terhadap perilaku disiplin anak kelompok B di TK Dharma Wanita Lendang Nangka Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Text
Intan Rahma Adira 190110022.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perilaku disiplin anak kelompok B di TK Dharma Wanita Lendang Nangka tahun ajaran 2023/2024. Hal ini terlihat ketika dari banyaknya anak yang tidak mengikuti aturan ketika berada di lingkungan sekolah, baik itu di dalam kelas ataupun di luar kelas. Salah satu upaya dalam membentuk perilaku disiplin anak yaitu melalui metode story telling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode story telling terhadap perilaku disiplin anak kelompok B di TK Dharma Wanita Lendang Nangka tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah pre-experiment dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest postest. Sampel yang digunakan yaitu seluruh anak kelompok B yang berjumlah 34 dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar checklist dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas (Shapiro-Wilk) dan uji hipotesis (Wilcoxon Signed Rank) Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode story telling berpengaruh terhadap perilaku disiplin anak. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji hipotesis Wilcoxon Signed Rank diperoleh nilai Sig 0,000 yaitu < 0,05 sehingga Ha diterima. Berdasarkan analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode story telling terhadap perilaku disiplin anak kempok B di TK Dharma Wanita Lendang Nangka Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Story Telling, Perilaku Disiplin Anak, Anak Usia Dini. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130107 Sasak, Samawa, and Mbojo Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | H Nabil udin |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 06:24 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 06:24 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5971 |
Actions (login required)
View Item |