Sutija, Marjuan (2023) Bimbingan guru ngaji dalam menguatkan minat belajar membaca al-qur’an ibu-ibu pada program pemberantasan buta Al Qur’an Di Tpq Insan Kamil Lingkungan Bebidas. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Marjuan Sutija 190303082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Lembaga TPQ Insan Kamil merupakan sebuah Lembaga TPQ tidak hanya khusus untuk anak-anak, tetapi juga untuk kalangan dewasa sampai lansia khususnya ibu-ibu yang memberikan pendidikan atau bimbingan dengan lebih mengedepankan bentuk bimbingan dengan dipadukan kegiatan keagamaan yang sudah ada di Lembaga TPQ Insan Kamil tersebut. Selain itu juga ada cara-cara untuk meningkatkan minat dan semangat setiap ibu-ibu dalam masalah yang dihadapi selama mengikuti program pemberantasan buta Al-qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bimbingan guru ngaji dalam meningkatkan minat belajar membaca Alqur’an ibu-ibu pada program pemberantasan buta Al-qur’an di TPQ Insan Kamil Lingkungan Bebidas Kelurahan Pagesangan dan kendala yang dihadapi dalam proses bimbingan. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah kualitatif deskriptif . Data primer merupakan sumber data yang langsung diperoleh di lapangan berupa hasil observasi dan wawancara dengan pengurus TPQ Insan Kamil meliputi ketua, sekretaris, bendahara, para pengajar/ guru/asatidz, dan ibuibu yang mengikuti program pemberantasan buta huruf di TPQ Insan Kamil. Sumber data sekunder penelitian yang diperoleh diantaranya dari buku, catatan dan lain-lain yang mempunyai keterkaitan dengan data penelitian seperti profil TPQ Insan Kamil, data para pengajar/guru asatidz dan ibu-ibu, serta data pendukung lainnya. Analisis data dalam penelitian ini meliputi proses yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan yang dilakukan guru ngaji dalam menguatkan minat belajar membaca alquran ibu-ibu pada program pemberantasan buta alquan yaitu guru ngaji melaksanakan sosialisasi program dan pemetaan kemampuan calon santri, kedua guru ngaji memberikan bimbingan secara individu bagi ibu – ibu yang menurun motivasinya dan ketiga guru ngaji memberikan penguatan motivasi keagamaan. Kendala dalam proses bimbingan yang diterapkan dalam menguatkan minat ibu-ibu untuk belajar membaca Al-qur’an pada program pemberantasan buta Al-qur’an di TPQ Insan Kamil yaitu kendala dari sarana dan prasarana yang tidak terpusat di satu tempat, kedua, sebagian besar ibu – ibu memiliki kesibukan dimana para santri adalah ibu rumah tangga yang memiliki kesibukan untuk mengurus keluarganya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan, minat belajar al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 08 Mar 2024 05:24
Last Modified: 08 Mar 2024 05:24
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5651

Actions (login required)

View Item View Item