Juita, Nurfa (2023) Peningkatan motivasi belajar siswa melalui Model Kooperatif Tife Think Pair Share pada Muatan IPS di Kelas IV MI Darul Qur'an Bengkel Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nurfa Juita_190106174.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Latar belakang penelitian ialah rendahnya kemampuan motivasi belajar siswa pada muatan IPS. Dari hasil observasi menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran siswa terlihat sibuk dengan dirinya sendiri, berbicara dengan temannya, tidak fokus memperhatikan penjelasan guru, dan pembelajaran yang terkesan membosankan. Hal ini dikarenakan pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga menyebabkan dalam proses belajar mengajar kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui model kooperatif think pair share pada muatan IPS di kelas IV MI Darul Qur’anَ Bengkel. Jenis penelitian yang digunakan oleh penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui model kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada muatan IPS di kelas IV MIَDarulَQur’an Bengkel. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang diperoleh dari hasil angket motivasi belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata sebesar 57,50% (cukup) dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 85% (sangat baik). Jadi disimpulkan bahwa peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I dan siklus II 27,5% meningkat, dan telah tercapai indikator keberhasilan yangَdiharapkanَ≥َ81%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; model kooperatif tipe think pair share; muatan ips; siswa kelas IV
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 29 Feb 2024 04:34
Last Modified: 01 Mar 2024 01:18
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5604

Actions (login required)

View Item View Item