Aziz, Abdul (2022) Pengembangan LKPD berbasis discovery learning pada materi fluida di MA Raudatul Husna Lombok Tengah. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
ABDUL AZIZ 180108015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kelayakan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) berbasis disovery learning pada materi fluida statis dan untuk mengetahui respon peserta didik serta kemenarikan penggunaan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) berbasis disovery learning pada materi fluida statis di MA Raudatul Husna Lombok Tengah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan sistematika penulisan penelitian dan pengembangan yang dikenal dengan Research and Development (R&D). Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap; tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Model pengembangan ini digunakan untuk menghasilkan produk yaitu, Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) berbasis disovery learning pada materi fluida statis dengan harapan dapat membantu peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan terhadap LKPD berbasis disovery learning dapat disimpulkan bahwa persentase akhir hasil validasi ahli media adalah 88,75 %, kemudian hasil validasi ahli materi adalah 91,25 %, ini berarti instrumen tersebut dapat dikategorikan sangat layak. Hasil uji coba kemenarikan yang dilakukan oleh guru mata pelajaran fisika menunjukkan persentase 88,6 % dan uji coba kemenarikan terhadap peserta didik pada satu kelas menunjukkan persentase 87 % sehingga dapat dikategorikan sangat menarik, yang berarti bahwa produk telah memenuhi kriteria dan sudah dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan LKPD, Disovery Learning, Suhu dan Fluida Statis."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Fisika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 16 Jan 2024 04:34
Last Modified: 16 Jan 2024 04:34
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5339

Actions (login required)

View Item View Item