Rufina, Isti (2022) Eksistensi Musabaqoh Tilawatil Qur’an dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an: studi living Qur’an di Yayasan Khodim Al-Qur’an NW di Pancor Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Isti Rufina 180601042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA Peneltian ini dilatar belakangi oleh perhatian penulis terhadap Eksistensi Musabaqoh Tilawatil Qur’an dalam meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an (Studi Living Qur’an di Yayasan Khadim Al-Qur’an NWDI Pancor Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur) Turunnya Al-Qur’an mampu merubah kondisi umat Islam dari yang sebelumnya hanya berjumlah segelintir orang menjadi milyaran seperti sekarang ini. Dalam proses menghafal Al-Qur’an, mengevaluasi bacaan ataupun hafalan tentu sudah menjadi hal yang tidak asing, karena setiap proses pembelajaran akan selalu ada titik evaluasi untuk mengetahui sampai mana keberhasilan seseorang dalam belajar dan menghafal Al-Qur’an. Bentuk evaluasi yang diberikan oleh guru, ada berbagai macam, seperti sambung ayat, di mana guru membacakan salah satu ayat yang sudah dihafalkan kemudian si santri atau murid melanjtkan bacaan tersebut, dan juga dengan mengikuti kompetensi Al-Qur’an, seperti Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ). Jenis Penelitian ini adalah dengan menggunakan Metode kualitatif. Penulis juga menggunakan metode penelitian Living Qur’an. Kemudian metode Pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik pengambilan sampel, observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah Ketekunan, Triangulasi,Pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Eksistensi MTQ Terhadap kualitas hafalan Al-Qur’an sangat berpengaruh. Setelah mengikuti MTQ santri dan santriwati Khodim Al-Qur’an semakin termotivasi untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas hafalan Al-Qur’annya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kualitas; hafalan; eksistensi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 04 Jan 2024 01:40
Last Modified: 02 Feb 2024 01:48
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5186

Actions (login required)

View Item View Item