Julaehah, Siti (2023) Peningkatan motivasi belajar siswa melalui metode tebak kata pada mata pelajaran Al-Quran Hadits Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Siti Julaehah. 190106220.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui metode tebak kata pada siswa kelas III MI Fajrul Hidayah Batujai. Metode tebak kata ini dipilih karena dapat mendorong siswa untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, serta mampu bekerja keras sebagai salah satu bentuk motivasi siswa secara kognitif dengan mencari cara untuk dapat meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart.subjek pada penelitian ini adalah 17 siswa MI Fajrul Hidayah Batujai yang terdiri dari laki-laki 10 dan 7 perempuan. Variabel penelitian ini yaitu Motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan nahwa melalui metode tebak kata dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran AI-Qur'an Hadits di kelas III MI Fajrul Hidayah Batujai. Hal ini dapat dilihat hasil yang diperoleh pada siklus I dan II, hasil observasi aktivitas siswa dalam bentu tabel keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I nilai rata-rata sebesar 59,37% (cukup) dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 79,55% dengan katagori (baik).peningkatan hasil angket siswa terjadi karena siswa sudah fokus untuk menerima materi yang disampaikan guru, siswa mencatat materi yang telah disampaikan, siswa mengikuti uji coba berupa soal dengan baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: motivasi Belajar, Metode Tebak Kata"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:48
Last Modified: 04 Dec 2023 02:48
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5162

Actions (login required)

View Item View Item