Annisa Safitri, Nur (2023) Pembelajaran Ashwat dengan menggunakan metode tiilawati di Pondok Pesantren Baitul Qur'an Seruni Mataram Tahun 2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nur Annisa Safitri_190102042.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Bahasa sebagai objek kajian linguistik memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Bahasa dan kehidupan merupakan fenomena yang tidak dapat dilepaskan. Kebutuhan manusia terhadap bahasa menjadi sangat utama dalam pemenuhan kebutuhan hidup dan keberlangsungan kehidupan interaksi antar sesama. Bahasa yang dimaksud di tulisan ini adalah sistem bunyi ujar atau yang diucapkan. Bunyi ini berlaku untuk semua bahasa manusia, yaitu bunyi-bunyi yang tercipta dari alat ucap manusia yang kemudian dirangkai menjadi sebuah ujaran yang memiliki makna. Tujuan peneitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran ashwat, bagaimana permasalahan yang dihadapi, serta implementasi metodt.Je tilawati dalam pembelajaran ashwat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas yakni dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi dan member check. Tekhnik analisis data dilakukan dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verivikasi dan kesimpulan. Hasi yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pembelajaran ashwat dilakukan dengan 'I' metode utama yaitu metode fonetik dan metode audiolingual. Pembelajaran ini bisa dilakukan dengan menggunakan metode al-quran yang menggabungkan prinsip dasar metode fonetik dan audiolingual dalam hal ini metode tilawati. Pembelajaran al-quran bisa menjadi alternatif pembeajaran ashwat. Dalam pembelajaran aswat ditemukan permasalahan baaik dari segi materi maupun metode. Dari segi""materi ditemukan kurangnya padanan fonem antara bunnyi bahasa arab dan bahasa indonesia serta perbedaan bunyi bahasa antara kedua negara. Sedangkan dalam segi metode ditemukan penggunaan metode yang monoton serta kurang menarik dan kurangnya latihan-latihan fonem secara terstruktur yang dilakukan para guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran ashwat, metode pembelajaran, tilawati"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 29 Nov 2023 05:21
Last Modified: 29 Nov 2023 05:21
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5132

Actions (login required)

View Item View Item