Safoni Idris, Muhammad (2023) Pengaruh penggunaan media duolingo dalam meningkatkan hafalan mufrodat di kelas VIII Mts. NW Selaparang Kediri Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
MUHAMMAD SAFONI IDRIS 190102065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa pembelajaran mufrodat dapat menjadi masalah karena banyak guru tidak yakin dengan cara terbaik dalam pengajarannya. Berdasarkan 6 tahun pengalaman akademis peneliti di pondok pesantren selaparang, ada beberapa alasan mengapa belajar mufrodat itu sulit bagi para siswa. Masalah pertama adalah siswa tidak tahu cara menggunakan mufrodat dalam percakapan. Masalah kedua adalah kurangnya konsentrasi siswa di kelas. Biasanya pembelajaran bahasa Arab hanya terdiri dari penjelasan dari guru sedangkan siswa kurang bergerak dalam kelas. Karena pembelajaran yang pasif, siswa akan kehilangan konsentrasi. Untuk membuat belajar mufrodat menjadi menyenangkan, kita bisa menggunakan media. Ada banyak media yang bisa kita pilih untuk digunakan baik dalam bentuk teks, audio, ataupun video. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengajarkan mufrodat adalah Duolingo. Duolingo adalah sebuah aplikasi pendidikan yang terdiri dari banyak kegiatan dengan campuran mendengarkan dan membaca, menulis, kosa kata dan tata bahasa. Oleh karena itulah peneliti mengangkat tema ""pengaruh penggunaan media duolingo dalam meningkatkan jumlah hafalan mufrodat di kelas VIII Mts. NW Selaparang tahun pelajaran 2023-2024. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan sebuah bukti empiris tentang pengaruh penggunaan aplikasi Duolingo untuk mengembangkan pengetahuan kosa kata siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas delapan Mts NW Selaparang Kediri. Sampel terdiri dari 20 siswa dari kelas delapan A sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa dari kelas delapan B sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan aplikasi Duolingo dan kelas kontrol diajar tanpa menggunakan aplikasi Duolingo. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa tes pilihan ganda untuk pre-test dan"post-test. Data dianalisa dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan statistik dengan taraf signifikan 5%, bahwa th = 2.881 lebih tinggi daripada tt = 1.685. Hasil dari penelitian ini telah menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Duolingo mampu memberikan pengaruh positif dalam mengembangkan pengetahuan kosa kata siswa pada kelas delapan Mts NW Selaparang Kediri tahun angkatan 2023/2024."

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Duolingo, Mufrodat"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 29 Nov 2023 04:11
Last Modified: 29 Nov 2023 04:11
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5130

Actions (login required)

View Item View Item