Amni, Hidayatul (2023) Analisis implementasi kegiatan bina akhlak untuk mengatasi sifat temperamental anak di MtsN 1 Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
HIDAYATUL AMNI. NIM 153144134.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Mataram memiliki karakter yang unik sebagai madrasah tsanawiyah unggulan pertama yang membuat siswa-siswinya berusaha lebih extra dalam meningkatkan kapasitas mereka bukan hanya hal dalam akademik di sekolah, tetapi juga dalam hal meningkatkan tingkah laku dan perilaku termasuk didalamnya memiliki akhlak yang baik karena seseorang yang memiliki akhlak yang buruk cenderung akan memperburuk dirinya sendiri, tidak mampu mengontrol dirinya dan keadaan yang terjadi dalam dirinya sendiri. Dengan meningkatkan akhlak yang baik didalam dirinya, siswa dapat mengembangkan dirinya untuk dapat memperbaiki diri dan bekerja dengan maksimal, sehingga dapat menghasilkan sesuatu yang baik dan akan dengan mudah melewati masalah-masalah yang ada dalam dirinya. Maka, kegiatan bina akhlak kepada siswa-siswi MtsN 1 Mataram sangat penting dan bertanggung jawab untuk mengatasi sifat temperamental siswa yang ada dan meningkatkan akhlak yang baik sehingga siswa-siswi di sekolah bisa berkembang lebih baik. Penelitian ini bertujuan menggambarkan bagaimana implementasi kegiatan bina akhlak untuk mengatasi sifat temperamental anak pada siswa-siswi di MtsN 1 Mataram serta apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam melakukan program kegiatan bina akhlak umtuk megatasi sifat temperamental anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengambilan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian adalah: (1) implementasi kegiatan bina akhlak untuk mengatasi sifat temperamental anak di MtsN 1 Mataram berupa: dengan cerita dan ceramah, dengan keteladanan, dengan latihan dan pembiasaan, dan dengan"ganjaran dan hukuman. (2) faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung antara lain: tersedianya sarana dan prasarana pendukung, alokasi waktu, dan antusiasisme personal. Sedangkan faktor penghambat antara lain: kurangnya kesadaran siswa terhadap pentingnya program bina akhlak, kurangnya dukungan orang tua, dan pengelolaan manajemen pembelajaran yang belum maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: implementasi, Bina, Akhlak, Mengatasi, Temperamental."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:15
Last Modified: 11 Oct 2023 02:15
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4866

Actions (login required)

View Item View Item