Aulia, Fadila (2023) Metode takrir dan terjemah dalam menghafal Al-Qur'an (Implementasi QS. Al-Qamar Ayat 17, 22, 32, dan 40 di Ma'had Al-Jami'ah UIN Mataram). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Fadila Aulia 180601099.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya menghafal al- Qur'an dengan metode takrir dan terjemah, karena metode takrir dan terjemah sangat memudahkan dalam menghafal al-Qur'an. Penelitian ini berfokus pada persoalan; (1)Bagaimana penerapan metode takrir dan terjemah dalam menghafal al-Qur'an di Ma'had al-Jami'ah UIN Mataram (2) Bagaimana kontribusi metode takrir dan terjamah dalam QS. al-Qur'an ayat 17, 22, 32, dan 40 dalam menghafal al-Qur'an di Ma'had al-Jami'ah UIN Mataram. (3) Bagaimana kemampuan menghafal santri Ma'had al- Jami'ah UIN Mataram dengan penerapan mtode takrir dan terjemah. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode deskritif analitik, yaitu menggambarkan dan melukiskan keadaan subjek atau objek penelitian baik individu ataupun lembaga yang bersangkutan dan berdasarkan fakta yang terlihat atau sebagaimana adanya yang sudah ditelit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Penerapan metode takrir dan terjemah diterapkan pada saat pengajian atau dikelas, dan kemudian mahasantri mempraktikkan di depan mustami' ketika kegiatan tahfidz dan setoran hafalan,(2) Adanya kontribusi antara metode takrir dan terjemah dalam menghafal al-Qur'an dengan cara dalam pertengahan bulan atau tepatnya pada tanggal 15 pengurus Ma'had al-Jami'ah UIN Mataram mengadakan uji Publik, yang dimana semua mahasantri yang sudah menyelesaikan hafalan atau yang sudah khatam akan diuji langsung oleh semua pengurus dan perwakilan dua mahasantri, dan (3) kemampuan santri Ma'had al-Jami'ah dalam menghafal al-.Qur'an sangat bagus karena menggunakan metode takrir dan terjemah sehingga menghasilkan para hafidz dan hafidzah 30 juz.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: al-Qur'an, Metode, Takrir, Terjemah, Menghafal, Implementasi."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 06 Oct 2023 01:43
Last Modified: 06 Oct 2023 01:43
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4833

Actions (login required)

View Item View Item