Rahayu Fitriyana, Tri (2023) Strategi pengembangan kemampuan baca tulis Qur'an Siswa di SDIT Lukmanul HakimKota Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
TRI RAHAYU FITRIYANA 190106176.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang strategi yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam membaca dan menulis al-qur'an serta apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kemampuan siswa. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif dan jenisnya deskriptif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Strategi yang digunakan oleh guru SDIT Lukmanul Hakim dalam mengembangkan kemampuan membaca dan menulis al-qur'an peserta didik adalah menggunakan metode bandongan dengan cara klasikal indiviual. Disini penerapan kalsikal individual dilakukan dengan cara anak-anak akan melakukan tahsin secara bersama-sama atau kalsikal selama 15 menit yang kemudian akan dilanjuti dengan maju secara per individua untuk menyetorkan hasil bacaannya. Untuk yang masih jilid mereka menggunakan metode al-hidayah (Metode pembelajaran al-qur'an dengan warna). Strategi yang digunakan untuk mengatasi siswa yang masih kurang yaitu dengan memberikan waktu yang lebih banyak dari siswa lainnya. 2) Faktor pendukung kemampuan baca tulis""qur'an ini yaitu berasal dari fasilitas sekolah, guru, orang tua, peserta didik dan metode pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya waktu orang tua untuk anaknya dan kurangnya ketertiban siswa pada saat pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi, Guru, dan Siswa."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:07
Last Modified: 29 Sep 2023 07:07
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4801

Actions (login required)

View Item View Item