Azzarkoni, M Azim (2023) Upaya guru dalam membentuk karakter Qur'ani Santri di Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT) Arrahmah NW Pringgarata Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
M AZIM AZZARKONI 1501060851.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti tentang rendahnya karakter setiap orang dizaman sekarang ini terutama karakter Qur'ani. Oleh karena itu perlu kiranya bagi setiap guru ikut serta membantu pemerintah dalam membentuk karakter Qur'ani agar lahir generasi bangsa yang tumbuh berkembang dengan karakter Qur'ani. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh guru dalam membentuk karakter Qur'ani santri di Madrasah Diniyah Takmiliyah Arrahmah NW Pringgarata dan kendala apa saja yang ditemukan oleh guru dalam membentuk karakter Qur'ani santri di Madrasah Diniyah Takmiliyah Arrahmah NW Pringgarata. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunkan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa upaya yang dilakukan guru dalam membentuk karakter qur'ani santri santri di Madrasah Diniyah Takmiliyah Arrahmah NW Pringgarata tahun pelajaran 2020/2021 adalah sebagai berikut: 1) Uswah Hasanah (Memberikan teladan yang baik). 2) Ta'widiyah ( Pembiasaan), 3) Mau'izoh Hasanah ( Memberikan nasihat yang baik ), 4) Al-Maroqib ( Pengawasan). 5) Targib Wa Tarhib ( Ganjaran dan Hukuman). 6) Tahfidzul Qur'an ( Menghafal Al-qur'an ) 7) Ta'limul Qur'an ( Kajian Al-Qur'an). Dan beberapa faktor yang menghambat terbentuknya karakter qur'ani diantaranya sebagai berikut : 1) waktu yang singkat. 2) lingkungan yang tidak mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: guru, Karakter Qur'ani"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 21 Aug 2023 01:03
Last Modified: 21 Aug 2023 01:03
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4654

Actions (login required)

View Item View Item