Khofifin Ni'am, Ayu (2023) Upaya meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui media audio visual tipe film pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II MI Ishlahul Anam Desa Aik Darek Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
AYU KHOFIFIN NI'AM 190106236.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah wilayah tempat tinggal mereka yang berada di pedesaan terbiasa menggunakan bahasa daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui media audio visual tipe film pada muatan pelajaran bahasa Indonesia di kelas II MI Ishlahul Anam Desa Aik Darek Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kondisi pembelajaran di dalam kelas II MI Ishlahul Anam. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di kelas II MI Ishlahul Anam Desa Aik Darek. Subjek penelitian ini dibatasi pada lingkup sekolah yang meliputi guru, siswa, dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan data tes keterampilan berbicara. Indikator penelitian ini adalah minimal aktivitas siswa mencapai kriteria baik dan aktif serta tercapainya keterampilan berbicara siswa dengan acuan minimal 85% siswa yang mendapatkan nilai ?./=75. Dalam pembelajaran, guru dibantu oleh peneliti mempersiapkan media film yang akan digunakan. Pada siklus awal, peningkatan keterampilan berbicara siswa belum terlihat, kemudian guru melanjutkan kegiatan pembelajaran sampai ke siklus akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Setelah siswa mengikuti kegiatan pada siklus I diperoleh hasil bahwa keterampilan berbicara siswa termasuk dalam kategori kurang, yaitu 60,48%. (2) Pada siklus II diperoleh informasi bahwa keterampilan berbicara siswa termasuk ke dalam kategori kurang, yaitu 71,43%. Pada siklus III diperoleh informasi bahwa keterampilan berbicara siswa temasuk dalam kategori baik, yaitu""85% (18 siswa tuntas dan 3 tidak tuntas). Jadi, setelah siswa mengikuti pembelajaran menggunakan media audio visual tipe film dengan kategori tuntas sebanyak 18 siswa dan dan kategori tidak tuntas sebanyak 3 siswa atau setara dengan 86% dari 21 siswa. Peningkatan yang terjadi dari sebelum penelitian hingga ke siklus III adalah sebanyak 29%. Meningkatnya keterampilan berbicara siswa tersebut disebabkan oleh media pembelajaran film yang diterapkan oleh guru bervariasi dan banyak digemari oleh siswa, sehingga siswa senang dan aktif dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keterampilan Berbicara; Media Audio Visual; Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia; Kelas Rendah."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130301 Indonesian Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:37
Last Modified: 16 Aug 2023 03:37
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4646

Actions (login required)

View Item View Item