Aulia, Hesti Dina (2022) Kepemimpinan perempuan dalam lembaga pendidikan islam: studi kasus di Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin NW Anjani. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Hesti Dina Aulia 210403040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia telah menerima perempuan sebagai pemimpin meskipun masih dalam lingkup terbatas. Salah satu fenomena unik dan menarik dikaji adalah kepemimpinan perempuan Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan Anjani Lombok Timur ketua yayasannya perempuan dan lembaga pendidikan formalnya juga dipimpin perempuan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif data dikumpulkan dengan wawancara dan observasi dilengkapi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan reduksi data, kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Penelitian ini menghasilkan (1) Strategi Pengambilan Kebijakan Pimpinan di MAK Hamzanwadi II yaitu menerapkan strategi pengambilan keputusan melalui identifikasi awal bagian-bagian masalah, perumusan tujuan pemecahan masalah, dan penentuan kriteria pemilihan alternatif solusi yang menjadi seperangkat keputusan atau kebijakan. Upaya pengambilan keputusan di Madrasah Aliyah Keagamaan Hamzanwadi II dilakukan dengan mengundang kehadiran para dewan guru dalam satu pertemuan khusus selanjutnya memaparkan suatu permasalahan terkait dengan keputusan yang akan diambil. (2) Persepsi Guru tentang kepemimpinan perempuan di MAK Hamzanwadi II yaitu kepemimpinan perempuan di lembaga pendidikan keagamaan telah diterima dengan dengan memosisikannya sebagai sosok yang menyayomi dan kepercayaan pada aspek kemampuan manajerial. Kemajuan kelembagaan mendapat afirmasi dari bawahannya sebagai bentuk kesadaran emansipasi yang dikuatkan dengan kesadaran keagamaan. (3) Hambatan pemimpin perempuan di lembaga pendidikan Islam adalah pertama hambatan personal yang didasari oleh hambatan perseptual yang muncul dari perasan tidak pantas sebagai leader. Kedua hambatan relasional berupa hambatan komunikasi baik dalam pemahaman pesan dan strategi sosialisasi kebijakan..

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: perempuan; kepemimpinan; gender
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169901 Gender Specific Studies
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:21
Last Modified: 18 Jul 2023 02:21
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4510

Actions (login required)

View Item View Item