Hasim, Ahmad Nizar (2022) Kepemimpinan trasnformasional kepala sekolah penggerak dalam mendorong implementasi aktualisasi diri peserta didik: studi multi situs di SMAN 1 Masbagik dan SMAN 1 Selong. Masters thesis, UIN Mataram.
Text
Ahmad Nizar Hasim 210403036.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran kepemimpinan transformasional kepala sekolah penggerak dalam mendorong implementasi aktualisasi diri peserta didik di SMAN 1 Masbagik dan SMAN 1 Selong dengan tiga rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah penggerak dalam mendorong aktualisasi diri peserta didik di SMAN 1 Masbagik? (2) Bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah penggerak dalam mendorong aktualisasi diri peserta didik di SMAN 1 Selong? (3) Bagaimana perbandingan peran kepemimpinan kepala sekolah penggerak dalam mendorong aktualisasi diri peserta didik di SMAN 1 Masbagik dan SMAN 1 Selong? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis multi situs. Data dikumpulkan dengan observasi non-partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan cara merangkum, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi bersifat sementara. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: (1) vii kepemimpinan transformasional kepala sekolah penggerak di SMAN 1 Masbagik memiliki peran yang baik dalam mendorong aktualisasi diri peserta didik. (2) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah penggerak di SMAN 1 Selong memiliki peran yang sangat baik dalam mendorong aktualisasi diri peserta didik. (3) Peran kepemimpinan transformasional kepala SMAN 1 Selong lebih tegas dalam mendorong aktualisasi diri peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah penggerak di SMAN 1 Masbagik dan SMAN 1 Selong memiliki peran dalam mendorong implementasi aktualisasi diri peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | transformasional; Pendekatan kualitatif; kepala sekolah penggerak; Aktualisasi diri |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 00:59 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 00:59 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4498 |
Actions (login required)
View Item |