Ramzi, Muhajirin (2022) Digitalisasi pesantren: inovasi media pembelajaran pendidikan agama islam berbasis ICT di Pondok Pesantren Nurul Haramain Narmada Lombok Barat. Doctoral thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Muhajirin Ramzi 200701011_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

INDONESIA Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan era globalisasi telah mempengaruhi seluruh kehidupan masyarakat secara internasional termasuk Indonesia. Saat ini problematika besar dihadapi dalam pengembangan kemajuan pendidikan di Indonesia adalah belum diimbangi dengan meratanya kualitas sumber daya guru serta media pembelajaran berbasis digital.Terutama problematika tersebut yang terjadi pada guru Pendidikan Agama Islam yang ada di pondok pesantren yang menempati posisi strategis dalam menentukan arus kemajuan zaman yang sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bentuk media digital pembelajaran PAI dan menemukan kompetensi guru pada implementasi media pembelajaran PAI berbasis ICT di Pondok Pesantren Nurul Haramain Narmada Lombok Barat.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifdeskriptif dengan teknik pengumpulan data dari data wawancara, observasi dan dokumentasi. Ada tiga kegiatan dalam analisis data kualitatif yaitu kondensasi data (Data Condensation), Penyajian Data (Data Display) dan Kesimpulan, Penarikan/Verifikasi (Drawing and Verifying Conclusions). Dalam penelitian ini peneliti menemukan bentuk-bentuk media digital pembelajaran PAI di Pondok Pesantren Nurul Haramain Narmada Lombok Barat yaitu berdasarkan kebijakan pimpinan pondok dan kepala sekolah melalui beberapa program yaitu Tugu Sasak (Satu Guru, Satu Santri, Satu Komputer), program CBT (Computer Base Test), program CBC (Computer Base Clases), program PBT (Paper Based Test), program LAC (Language Advisory Council), program HMC (Haramain Media Center) danterbentuk bagian IT pada organisasi santri dan santriwati dengan beberapa sarana pendukung yaitu laboratorium komputer, laboratorium bahasa, kelas Multimedia, pusat pangkalan data, program kerja bagian OSNH, pusat pengembangan bahasa, perpusatakaan digital, pusat kreativias seni dan eco-pesantren. Adapun kompetensi guru PAI di Pondok Pesantren Nurul Haramain Narmada Lombok Barat dalam mengimplementasikan media pembelajaran berbasis digital yaitu memiliki kompetensi Pedagogik yaitu interaksi antara guru dan siswa dengan baik menggunakan model dan metode pembelajaran yang relevan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: gigitalisasi; pesantren; inovasi; media pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Doktoral Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:17
Last Modified: 12 Jun 2023 02:17
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4401

Actions (login required)

View Item View Item