Helmi Anshori, Muhammad (2022) Dinamika Tahfizh Al-Qur’an pada semester akhir Universitas Islam Negeri Mataram”(Studi Living Qur’an di Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Universitas Islam Negeri Mataram). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Muhammad Helmi Anshori_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Skripsi ini dilatarbelakangi oleh berbagai macam respon mahasiswa semester akhir terhadap Program Studi Ilmu Al-Qur‟an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Mataram yang menghidupkan Al-Qur‟an melalui program tahfizh Al- Qur‟an sebagai syarat kelulusan (S1) yang mana hal tersebut sudah menjadi kewajiban berdasarkan kurikulum pendidikan Program Studi tahun 2015. Terlepas dari mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi ataupun yang lainnya, program ini juga menuntut semua mahasiswa semester akhir untuk menghafal Al-Qur‟an. Penyesuaian dua kewajiban antara skripsi dan menghafal Al-Qur‟an ini membuat adanya dinamika terhadap kegiatan tahfizh Al-Qur‟an pada mahasiswa akhir. Adapun penulis lebih fokus terhadap tanggapan mahasiswa akhir dan Instruktur tahfizh dalam meresepsikan kegiatan tahfizh Al-Qur‟an serta ingin mengungkapkan segala problematika di dalamnya. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan fenomenologi yang dibuat oleh Edmund Husserl. Begitupun pada proses menganalisis, maka penulis menggunakan teori resepsi dari Hans Robert Jauss untuk mengetahui efek dan tanggapan dari kegiatan tahfizh Al- Qur‟an. Jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian kualitatif lapangan (Field Research), dan metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, dan teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif analisis, serta teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan menurut konsep teori yang mengedepankan efek dan tanggapan ini, sebagian besar berefek pada kurangnya kesiapan mahasiswa dalam menghafal dengan alasan yaitu""kurang fokus membagi waktu antara menghafal dengan mengerjakan skripsi. Sehingga kegiatan ini kurang efektif bagi mahasiswa dalam menghafal Al-Qur‟an, dikarenakan latar belakang mahasiswa yang berbeda-beda dan juga kesibukan mahasiswa dalam mengerjakan skripsi dan pekerjaan lainnya. Selain itu dari hasil penelitian, peneliti melihat efek yang didampak mahasiswa dalam kegiatan tahfizh Al-Qur‟an pada mahasiswa akhir yaitu tidak bisa menyelesaikan skripsi yang pada akhirnya menjadi asbab tertundanya wisuda. Selain itu problem pada kegiatan tahfizh Al-Qur‟an mahasiswa semester akhir yaitu, karena kurangnya kesadaran dan kesiapan mahasiswa dalam menghafal Al- Qur‟an serta kurangnya efesiensi waktu dosen terhadap mahasiswanya. Adapun strategi dalam mengatasi hal tersebut ialah dengan cara, Instruktur tahfizh berkomunikasi dengan mahasiswa setidaknya selalu mengingatkan mahasiswa tentang pentingnya berinteraksi dengan Al-Qur‟an, sering juga memberikan dorongan motivasi kepada mahasiswa untuk meningkatkan semangat dalam hal menghafal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: tahfizh Al-Qur‟an; Mahasiswa akhir; Living Qur‟an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:50
Last Modified: 05 Jun 2023 02:50
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4334

Actions (login required)

View Item View Item