Muliatun, Lia (2022) Diskursus branding pondok pesantren di facebook: studi kasus Pondok Pesantren Darul Barokah Wal Karomah NW Montong Mas, Desa Lepak Timur, Kec. Sakra Timur, Kab. Lombok Timur, NTB. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Text
Lia Muliatun 170301019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Pondok pesanten Darul Barokah wal Karomah NW Montong Mas atau di kenal dengan sebutan YPP DAKWAH NW Montong Mas didirikan di Dusun Montong Mas, Desa Lepak Timur, Kec. Sakra Timur, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Pondok pesantren tersebut membuat beberapa program yang menjadi brand/merek yang ingin diperkenalkan kepada masyarakat luas. Salah satu media yang digunakan untuk membentuk identitas tersebut adalah Facebook. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana cara branding yang dilakukan YPP Dakwah NW Montong Mas melalui flatform Facebook dan implikasi dari branding yang dilakukan serta hambatan yang dialami selama proses branding. Metodologi penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif jenis studi kasus dan kehadiran peneliti berperan sebagai instrumen kunci untuk memperoleh data dilapangan. Dalam proses pengumpulan data penelitian, peneliti melakukannya dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa ada dua cara yang digunakan oleh Pontren Dakwah NW Montong Mas dalam membranding ponpesnya yakni pertama, posting-posting kegiatan ekstrakulikuler, pembukaan pendaftaran, prestasi-prestasi dan sebagainya, melalui platform facebook dengan akun resminya “Ypp Dakwah NW”. Kedua, menggunakan media cetak seperti baliho, spanduk, dan brosur yang di cetak disetiap ahir semester genap kemudian di sebarluaskan. Adapun Implikasi dari postingan yang disajikan melalui facebook belum dirasakan oleh masyarakat sekitar. Namun, berbeda dengan spanduk maupun baliho masyarakat sudah terbiasa mendapatkan informasi dari sana. Sedangkan hambatan yang terjadi dalam proses branding terjadi pada pengirim pesan atau komunikatornya. Ada dua faktor yang melatarbelakangi terjadinya hambatan tersebut yakni faktor internal yang berasal dari kurangnya kontrol pihak YPP Dakwah NW, kurangnya waktu, dan kurangnya Sumber daya manusia. Faktor kedua yakni faktor eksternal berasal dari persepsi orang lain yang kurang kooperatif dan fasilitas yang belum memadai untuk menunjang proses branding.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | branding; pondok pesantren; facebook |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 12 May 2023 07:56 |
Last Modified: | 12 May 2023 07:56 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4215 |
Actions (login required)
View Item |