NURSIDRATI, NURSIDRATI (2016) Pembelajaran dengan pendekatan interkoneksi matematika al - qur’an pada materi pokok himpunan dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 5 Woha Kabupaten Bima tahun pelajaran 2016/2017. Other thesis, UIN Mataram.
Text
NURSIDRATI 151124024.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran dengan Pendekatan Interkoneksi Matematika Al-Qur’an Pada materi pokok Himpunan Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VII SMPN 5 Woha Kabupaten Bima Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan interkoneksi matematika-Al-Qur’an, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 1 dan VII 2 yang berjumlah 42 siswa. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil analisis data, menunjukkan bahwa thitung untuk hasil belajar matematika siswa diperoleh sebesar 5,189. Sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,704, sehingga menunjukkan pengaruh yang signifikan dari pendekatan intetrkoneksi matematika-Al-Qur’an tersebut dan melalui hasil belajar siswa menunjukkan nilai rata-rata tes 79,4 nilai rata-rata tersebut lebih tinggi 21,07 dengan kelas kontrol yang nilai rata-rata tesnya sebesar 58,33. Sehingga dapat disimpulkan “Melalui pembelajaran dengan pendekatan interkoneksi matematika – al-qur’an Pada materi pokok himpunan dapat meningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 5 Woha Kab. Bima tahun pelajaran 2016/2017”
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | interkoneksi; matematika; Al-qur’an; himpunan; hasil belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | H Nabil udin |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 01:57 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 01:57 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/406 |
Actions (login required)
View Item |