Suriyani, Suriyani (2016) Kerjasama guru dan orang tua dalam momotivasi minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas V SDI-TAN-Nujaba Lingkungan Kebon Talo Jaya Kelurahan Ampenan Utara Kota Mataram tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Suriyani 151121182.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang minat belajar siswa pada mata pelajaran pai yang dilakukan oleh guru agama Islam, terutama siswa kelas V di SDI-T An-Nujaba Lingkungan Kebon Talo Jaya Kelurahan Ampenan Utara Kota Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan upaya yang ditempuh oleh guru Agama dalam meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SDI- T AN-NUJABA Lingkungan Kebontalo Jaya. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan (Observasi), wawancara mendalam, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Maka hasil penelitian ini menunjukkan (1) Peran guru agama di SDI-T AN- Nujaba lingkungan Kebon talo jaya adalah sebagai pendidik, sebagai pengarah, sebagai motivator, dan sebagai pembimbing dalam meningkatkan minat belajara siswa pada mata pelajaran PAI.(2) Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh guru Agama dalam meningkatkan minat belajar siswa antara lain adalah dengan menyajikan dan menyampaikan materi PAI menjadi menarik bagi siswa, menciptakan suasana tidak tegang, budaya takut dan malu-malu dalam proses belajar mengajar PAI, menumbuhkan dan membangkitkan perasaan ingin tahu pada diri siswa, memusatkan perhatian dan konsentrasi siswa, menciptakan kondisi atau proses yang mengarahkan siswa melakukan aktivitas belajar, memperhatikan dan memenuhi kebutuhan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung, memiliki gaya kepemimpinan dan teladan, serta pribadi yang baik sebagai guru agama, mendorong siswa untuk mengamalkan pengetahuan yang telah diperoleh dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun dalam keluarga dan masyarakat dan memberikan pujian, ganjaran atau hadiah. (3) Dan kerjasama orang tua siswa dan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa sangat mendukung guru untuk meningkatkan mutu pendidikan diantaranya adalah: 1) Orientasi pada tugas 2) Orientasi pada proses 3) Orientasi pada perkembangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar; Motivasi; Metode Kerjasama
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ateja Yudhi Septian
Date Deposited: 22 Nov 2021 03:40
Last Modified: 22 Nov 2021 03:40
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/403

Actions (login required)

View Item View Item