Hari Septriadi, Eldi (2021) Konseling behavior dengan terapi muhasabah diri dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berprestasi rendah di SMPN 2 Keruak. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Eldi Hari Septriadi 160303082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan hal- hal yang berhubungan Konseling Behavior dengan Terapi Muhasabah Diri dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Berprestasi Rendah di SMPN 2 Keruak. Sebelum itu, tulisan ini memaparkan kondisi motivasi belajar siswa di SMPN 1 Keruak, selain itu juga memaparkan bagaimana dampak konseling terhadap siswa yang menjadi konseli. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan dua langkah pengujian yaitu perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada beberapa siswa yang memiliki prestasi rendah disebabkan minimnya motivasi belajar. Lalu siswa-siswa tersebut diberikan layanan konseling oleh peneliti. Dalam pelaksanaan konseling berjalan cukup lancar, meskipun terdapat sedikit kendala kecil yang dihadapi. Dalam penerapan meningkatkan motivasi belajar siswa, semua guru harus bersinergi memberikan bimbingan, terutama peran keluarga juga sangat penting.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konseling behavior; terapi muhasabah dir; motivasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: nur noer nur
Date Deposited: 16 Jan 2023 02:15
Last Modified: 16 Jan 2023 02:15
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3618

Actions (login required)

View Item View Item