Tangle, Fatima (2022) Subjektif well-being dan kesabaran pada guru SLB dalam menangani anak tunagrahita kategori sedang di SLB Negeri 1 Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Fatima Tangle 180303066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui subjektif well being pada guru SLB dalam menangani anak tunagrahita kategori sedang dan mengetahui pengelolaan kesabaran pada guru SLB dalam menangani anak tunagrahita kategori sedang. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 7 orang yaitu terdiri dari: kepala sekolah, 3 guru kelas tunagrahita dan 3 tenaga kerja dari masing-masing subjek utama sebagai significant others dengan lokasi penelitian di SLB Negeri 1 Mataram. Peneliti dapat menjabarkan menganalisis subjektif well being dan kesabaran pada guru SLB. Hasil penelitian subjektif well being pada guru SLB dalam menangani anak tunagrahita kategori sedang di SLB Negeri 1 Mataram, semua informan dalam penelitian ini memiliki tentang makna hidup yang serupa sebagai guru SLB di SLB Negeri 1 Mataram, dimana gambaran tersebut terlihat ketika mereka tidak pernah menyerah pada kondisi keterbatasan dan menggunakan kreativitasnya dalam mengatasi kesulitan dalam menangani anak tunagrahita yang dilihat sebagai suatu bentuk perjuangan. Sedangkan pengelolaan kesabaran guru SLB, terhadap anak tunagrahita kategori sedang terdapat sikap dan cara berupa mengontro dirinya dengan beristigfar serta menenagkan diri melalui tarik napas sebanyak tiga kali. Namun demikian, berangkat dari hal tersebut, peneliti juga menemukan masih ada tinadan yang tidak sesuai dengan pernyataan yang di sampaikan tenaga pengajar. Dimana tindakan itu berupa tindakn fisik dan psikis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: anak tunagrahita; well being; guru; slb
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services > 111703 Care for Disabled
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 14 Nov 2022 01:17
Last Modified: 14 Nov 2022 01:17
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3185

Actions (login required)

View Item View Item