Hasanah, Mauziatun (2017) Implementasi metode yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa indonesia kurikulum 2013 di SDN 1 Tetebatu. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Text
Mauziatun Hasanah 151139055.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
|
Text (Rekap Pembimbing Satu Skripsi)
Rekap Sebagai Pembimbing Satu Skripsi.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (230kB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 , kendala / hambatan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 , serta untuk mengetahui solusi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 . Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriftif . Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi , wawancara , dan dokumentasi . Dalam menganalisis data menggunakan analisis data kualitatif melalui tahap reduksi data , penyajian data , dan penarikan kesimpulan . Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi yaitu trianggulasi sumber dan teknik . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas IV di SDN 1 Tetebatu sudah menerapkan kurikulum 2013 pada proses pembelajaran , walaupun pada pelaksanaannya belum maksimal . Dalam hal ini , metode yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah metode ceramah , diskusi , problem solving , simulasi , dan tanya jawab . Metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru memerlukan variasi serta pendekatan saintifik agar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan maupun tulisan . Adapun kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 adalah sumber belajar , kurangnya pelatihan / workshop bagi guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 , dan dari faktor internal dan eksternal siswa . Faktor internal dipengaruhi oleh penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa kurang , minat membaca siswa rendah , serta daya tangkap atau pemahaman siswa masih minim . Sedangkan dari faktor eksternal dipengaruhi oleh status sosial ekonomi keluarga , hubungan keluarga , kondisi keluarga , dan bahasa pertama yang diperoleh siswa . Dalam hal ini guru memberikan bimbingan atau perhatian khusus kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar berbahasa dengan cara mengumpulkan data , mengolah data , Diagnosis , Prognosis , Treatmen , dan evaluasi .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | siswa; guru; metode belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 00:11 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 08:39 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2589 |
Actions (login required)
View Item |