Indayani, Martin Ruhma (2021) Analisis kemampuan representasi matematis dalam menyelesaikan soal matematika pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) ditinjau dari self efficacy siswa kelas VIII SMP. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Martin Ruhma Indayani 170103023.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi matematis dalam menyelesaikan soal pada materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV) ditinjau dari self-efficacy siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Maraqitta’limat Mamben kelas VIII. Sujek penelitian ini adalah 3 orang siswa dari 28 siswa kelas VIII yang memiliki kategori self-efficacytinggi, self-efficacy sedang dan self-efficacy rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket,soal tes kemampuan representasi matematis dan pedoman wawancara. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi dan wawancara.Teknik analisis data dilakukan dengan cara merekduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMP Maraqitta’limat Mamben terbagi menjadi 3 (tiga) kategori, yaitusiswa dengan kategori self-efficacy tinggi mampu menunjukkan 3 ( tiga) aspek kemampuan representasi matematis yaitu representasi visual, representasi persamaan atau ekspresi matematika, dan representasi kata-kata atau teks tertulis, sedangkan siswa dengan kategori self-efficacy sedang hanya mampu menunjukkan 2 (dua) aspek kemampuan representasi matematis yaitu representasi persamaan atau ekspresi matematika, dan representasi kata-kata atau teks tertulis. Sementara itu siswa dengan kategori self-efficacy rendah hanya bisa menunjukkan 1 (satu) aspek kemampuan representasi matematis yaitu representasi persamaan atau ekspresi matematis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode belajar; kemampuan representasi matematis; self efficacy |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 15 Mar 2022 03:15 |
Last Modified: | 15 Mar 2022 03:15 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2288 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |