Anggriani, Bq. Lily (2019) Pengaruh model discovery learning melalui metode eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMAN 4 Mataram pada materi gelombang mekanik Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Text
Baiq liliy Anggriani Wahyuningsih 1501081097.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning melalui metode eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA Negeri 4 Mataram pada materi gelombang mekanik tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen, dengan jumlah populasi 315 dan sampel 69 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yang diberikan perlakuan dengan model yang berbeda yaitu pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model discovery learning sedangkan pada kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model konvensional (ceramah), kemudian kedua kelas diberikan soal yang sama untuk melihat kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik dari masing-masing kelas tersebut. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji-t diperoleh ttabel = 2, 056 dan thitung = 3,492, maka diketahui nilai thitung (2, 056) ttabel (3,492) dengan dk yang besarnya dk = n1 + n2 : 2 dengan taraf signifikansinya 5%. Karena thitung lebih besar dari ttabel pada taraf sisgnifikan 5% maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa model discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis pesera didik di kelas XI SMA Negeri 4 Mataram tahun 2018/2019
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model discovery learning; metode eksperimen; berpikir kritis |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Fisika |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 03:44 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 03:47 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1873 |
Actions (login required)
View Item |