Zulkipli, Zulkipli (2016) Peran guru agama dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di kelas V MI Nahdlatul Mujahidin NW lingkungan Jempong Kelurahan Ampenan Utara Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN Mataram.

[img] Text
Zulkipli 151111074.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih yang dilakukan oleh guru agama Islam, terutama siswa kelas V di MI Nahdlatul Mujahaidin NW Jempong. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan upaya yang ditempuh oleh guru Agama dalam meningkatkan minat belajar siswa Adapun fokus masalah dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan Peran Guru Agama Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas V MI Nahdlatul Mujahidin NW Lingkungan Jempong Kelurahan Ampenan Utara Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MI Nahdlatul Mujahidin NW Jempong. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan (Observasi), wawancara mendalam, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi Maka hasil penelitian ini menunjukkan (1) Peran guru agama di MI Nahdlatul Mujahidin NW Jempong adalah sebagai pendidik, sebagai pengarah, sebagai motivator, dan sebagai pembimbing dalam meningkatkan minat belajara siswa pada mata pelajaran fiqih.(2) Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh guru Agama dalam meningkatkan minat belajar siswa antara lain adalah dengan menyajikan dan menyampaikan materi Fiqih menjadi menarik bagi siswa, menciptakan suasana tidak tegang, budaya takut dan malu-malu dalam proses belajar mengajar fiqih, menumbuhkan dan membangkitkan peraaan ingin tahu pada diri siswa, memusatkan perhatian dan konsentrasi siswa, menciptakan kondisi atau proses yang mengarahkan siswa melakukan aktivitas belajar, memperhatikan dan memenuhi kebutuhan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung, memiliki gaya kepemimpinan dan teladan, serta pribadi yang baik sebagai guru agama, mendorong siswa untuk mengamalkan pengetahuan yang telah diperoleh dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun dalam keluarga dan masyarakat dan memberikan pujian, ganjaran atau hadiah. (3) Hasil dari upaya guru agama dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di kelas V MI Nahdlatul Mujahidin NW Jempong adalah siswa memiliki semangat dan minat belajar yang cukup untuk mempelajarai agama islam khususnya pada mata pelajaran fiqih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: guru; fiqih; minat belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ateja Yudhi Septian
Date Deposited: 20 Apr 2021 00:32
Last Modified: 20 Apr 2021 00:32
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/157

Actions (login required)

View Item View Item