Asmayanti, Asmayanti (2020) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas VII MTs Ihya Ulumuddin Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Asmayanti_160108024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Model pembelajaran SQ3R merupakan model pembelajaran (Survey, Question, Read, Recite, Review) yang membantu siswa berpikir tentang teks yang mereka baca sehingga siswa mendapatkan pemahaman ketika pertama kali mereka membaca teks tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa pada kelas VII MTs Ihya Ulumuddin. Dalam penelitian ini, terdapat dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat, yang dimana variabel bebasnya adalah model pembelajaran kooperatif tipe SQ3R dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar fisika siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dimana dalam penelitian kuantitatif digunakan untuk meneliti pada populasi dan sampel tertentu. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian. Analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan separated varian menunjukan bahwa thitung yang diperoleh sebesar 2,284 dan untuk taraf signifikan 5% didapatkan nilai ttabel = 2,024 dan dk = n1 + n2 – 2 = 20 + 20 – 2 = 38. Karena thitung lebih besar dari ttabel (������� = 2,284 > ������ = 2,024) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe SQ3R terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII MTs Ihya Ulumuddin tahun pelajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; metode kooperatif tipe SQ3R; fisika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Fisika
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 14 Jun 2021 06:31
Last Modified: 14 Jun 2021 06:31
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/909

Actions (login required)

View Item View Item